"CIPTAKAN ATMOSFIR IKATAN YANG AMAN" PARENTING MARY AINSWORTH

Mary Ainsworth adalah seorang psikolog perkembangan yang dikenal karena kontribusinya dalam teori attachment atau teori ikatan antara anak dan orang tua. Teori parenting Mary Ainsworth melihat hubungan antara anak dan orang tua dari perspektif attachment, yaitu bagaimana anak terikat atau melekat pada orang tua atau pengasuhnya. Teori ini terdiri dari tiga jenis pola attachment yaitu secure attachment, insecure-avoidant attachment, dan insecure-resistant attachment.

Secure attachment (ikatan yang aman)

Anak yang memiliki secure attachment akan merasa nyaman dan aman dalam menggantungkan diri pada orang tua atau pengasuhnya. Anak-anak dengan pola ini memiliki kepercayaan pada orang tua mereka, merasa nyaman untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain, dan mampu untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Orang tua yang memberikan pola pengasuhan authoritative (sikap otoritatif) dengan memperhatikan kebutuhan anak dan memberikan perhatian yang cukup pada anak mereka, mampu membentuk ikatan yang aman dengan anak mereka.

Insecure-avoidant attachment (ikatan yang menghindar)

Anak dengan insecure-avoidant attachment memiliki kecenderungan untuk menghindari atau mengabaikan hubungan dengan orang tua atau pengasuhnya. Anak dengan pola ini seringkali terlihat tidak emosional atau dingin, dan cenderung menunjukkan ketidakpedulian ketika orang tua berangkat atau kembali dari pergi. Orang tua yang memberikan pola pengasuhan authoritarian (sikap otoriter), yaitu orang tua yang sangat mengontrol dan tidak memperhatikan kebutuhan anak, dapat menyebabkan pola insecure-avoidant attachment pada anak mereka.

Insecure-resistant attachment (ikatan yang cemas)

Anak dengan insecure-resistant attachment memiliki kecenderungan untuk menjadi sangat cemas dan sulit dihibur ketika orang tua mereka berangkat atau kembali dari pergi. Anak dengan pola ini juga terlihat tidak nyaman dengan orang asing dan cenderung sulit untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Orang tua yang memberikan pola pengasuhan permissive (sikap lemah lembut) yang tidak konsisten dalam memberikan batasan atau kontrol pada anak mereka, dapat menyebabkan pola insecure-resistant attachment pada anak mereka.

Dalam teori parenting Mary Ainsworth, orang tua memiliki peran yang penting dalam membentuk pola attachment anak mereka. Orang tua yang memberikan pola pengasuhan authoritative (sikap otoritatif) yang memperhatikan kebutuhan anak dan memberikan perhatian yang cukup pada anak mereka, dapat membentuk ikatan yang aman dengan anak mereka. Sementara itu, pola pengasuhan yang otoriter atau lemah lembut dapat menyebabkan anak memiliki pola attachment yang tidak aman dan cenderung mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain di kemudian hari.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak