JADI BOCIL BERKELAS, BUKANNYA BOCIL AMPAS!

 

Aku dibangun untuk bertahan, aku punya banyak energi tersisa. Aku tidak akan menyerah.
Taiju - Dr. Stone

    
Halo sobat Nandur Tresna!    
    Anime Dr. Stone merupakan anime yang diangkat dari manga berjudul sama karya Riichiro Inagaki yang diilustrasikan oleh Boichi. Anime ini berkisah tentang seorang jenius ilmiah bernama Senkū Ishigami dan temannya yang berotot, Taiju Ōki, terbangun ke dunia di mana umat manusia telah membatu. Senkū dan Taiju kemudian menggunakan keterampilan mereka untuk membangun kembali peradaban. Anime ini bercerita tentang bagaimana beberapa orang dari Dunia Pra-Membatu mencoba membangun kembali peradaban di Zaman Membatu, Dunia Batu. Senkuu memiliki berbagai pengetahuan teknologi, yang berhasil di ciptakan mulai dari zaman batu, zaman besi hingga teknologi tentang revolusi uap. Ia juga telah menguasai berbagai ilmu kehidupan seperti ilmu matematika, ilmu kimia, ilmu teknik serta ilmu geologi. Selama menjadi seorang siswa sekolah, Senkuu telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan berbagai penelitian, untuk menambah ilmu serta wawasan sainsnya. Bahkan Senkuu juga dikenal sebagai komputer berjalan, karena pengetahuannya yang sangat luas.


    Berkaitan dengan judul dari anime ini yaitu Dr. Stone, arti nama belakang dari Senkuu yaitu Ishigami memiliki arti Dewa Batu. Dengan Ishigami yang ditulis dalam huruf kanji yang berarti ishi untuk Batu dan kami untuk Dewa. Setelah selama 3700 tahun menjadi batu, Senkuu berhasil bangun dan memutuskan membangun kembali peradaban umat manusia, dengan menggunakan ilmu sains yang dimilikinya. Senkuu dibantu oleh teman-temannya yang telah berhasil ia hidupkan kembali. Senku menjadi bocil berkelas dengan mencoba membuat sabun. Langkah pertama yang dilakukan oleh Senkuu untuk membangun peradaban yaitu, dengan membuat Kalsium Karbonat yang diperoleh dengan cara menghancurkan kerang-kerang menjadi bubuk. Material Kalsium Karbonat ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk membuat sabun. Sabun diperoleh dengan mencampurkan kalsium karbonat dengan Sodium Karbonat, yang berasal dari rumput laut dengan Kalsium Karbonat, lalu ditambahkan minyak maka diperoleh reaksi yang akan menghasilkan sabun.


Di dunia tersebut, sabun merupakan benda kecil yang mampu membunuh kuman-kuman, yang ada pada tubuh untuk menjaga kesehatan. Sabun merupakan pondasi kehidupan yang penting ketika dunia tanpa adanya dokter. Manfaat Kalsium Karbonat lainnya yaitu untuk pertanian, yang bermanfaat dapat menetralkan ion hidrogen sehingga mampu menyuburkan tanah. Kemudian untuk kontruksi, dengan mencampurkan bahan kalsium karbonat dengan pasir, lalu dibakar sehingga akan mendapatkan mortar. Ketahui bahwa mortar merupakan semen mentah, sehingga dapat membuat peralatan maupun untuk membangun rumah.


Di episode berikutnya yaitu episode 21, Senkuu membuat baterai untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh PLTA dan dapat dibawa ke berbagai tempat. Jenis baterai yang dibuat oleh Senkuu adalah baterai lead-acid. Baterai lead-acid menyimpan energi listrik dengan mengubahnya menjadi energi kimia dan mengubahnya kembali menjadi energi listrik saat dibutuhkan. Baterai lead-acid terdiri dari 3 material yang berperan aktif dalam reaksi kimia, yaitu plat timbal (Pb) sebagai anoda, plat timbal oksida (PbO2) sebagai katoda dan larutan asam sulfat (H2SO4) sebagai elektrolit. Tegangan nominal untuk satu sel baterai lead-acid yaitu sekitar 2 V. Dapat dilihat pada gambar bahwa baterai lead-acid yang dibuat oleh Senkuu terdiri dari enam sel yang disusun secara seri. Jika baterai disusun secara seri maka tegangan nominalnya dijumlahkan, sehingga baterai lead-acid yang dibuat oleh Senkuu memiliki tegangan nominal sebesar 12 V. 

    Belajar dari anime Dr. Stone, bocil tidak selalu diidentikan dengan seseorang dengan usia muda yang tanpa prestasi (ampas), akan tetapi bocil bisa menjadi sosok inspiratif bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Akankah bocil-bocil mampu keluar dari zona ampasnya dan berhasil menjadi berkelas demi nusa dan bangsa? Lets gooo

Tuhan memberkati!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak